Pengertian Waiter / Waitress Pelayan Restoran dan Tugas Tugasnya
Dalam dunia bisnis atau usaha tentunya memiliki beberapa strategi agar usaha tersebut bisa berkembang, dan ramai dikunjungi. di dunia bisnis khususnya restoran peran penting seorang Waiter / Waitress atau bisa kita sebut dengan pelayan itu berpengaruh besar di sebuah restoran. Faktanya pengunjung / tamu selalu melihat kualitas restoran salah satunya dengan kesan penampilan dari seorang pelayan, kebersihan restoran, perlengkapan alat makanan hingga kualitas makanan.
Pelayan restoran adalah seseorang yang berperan dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada tamu. Pelayan makanan dan minuman bisa disebut juga dengan tata hidang (Food and Beverage Service), namun sebutan ini jarang digunakan.
Pelayan salah satu bagian di restoran yang selain memberikan pelayanan makanan dan minuman juga seseorang yang langsung berhadapan dengan tamu. Dengan pelayan yang baik, berkualitas dari penampilan, etika yang baik terhadap tamu, seorang pelayan tentunya merupakan sebuah jantungnya restoran.
MENGAPA PELAYAN DISEBUT SEBUAH JANTUNG RESTORAN ?
Jika sebuah restoran diluar hotel maupun didalam hotel tentunya pelayan sangatlah dibutuhkan, karena peran penting dan tugas seorang pelayan restoran meliputi :
1. Mempersiapkan tempat tempat didalam restoran untuk pelayan
Area tempat untuk pelayan merupakan suatu yang harus ada di sebuah restoran, karena tempat untuk pelayan sangatlah penting. Kegunaannya tempat tersebut diantaranya untuk melakukan pencatatan makanan dan minunan tamu, tempat pembayaran, dan lainnya.
2. Menyiapkan dan penataan meja
Pada umumnya tamu datang ketempat sebuah restoran pertama kali yang dilihat adalah penataan meja, tempat dimana tamu restoran ingin makan. Jika penataan meja restoran terlihat menarik, kesan pertama tamu ialah nyaman.
3. Menyambut pelanggan
Jika melihat pengunjung restoran datang, hal yang harus dilakukan seorang pelayan restoran adalah menyambut tamu restoran dengan baik, menanyakan pesanan dan mengantarkan ketempat makan yang ingin di duduki oleh tamu restoran.
4. Mengambil dan mengantarkan makanan
Poin penting seorang pelayan tentunya mengambil dan mengantarkan makanan, jika seorang tamu sudah memesan makanan dan minuman alangkah baiknya seorang pelayan tidak keliru dalam mencatat pesanan tamu, agar begitu pelayan antar bisa tidak melakukan kesalahan yang merugikan restoran.
5. Membersihkan remahan dimeja tamu (crumbing down)
Membersihan remahan didalam restoran tentunya bisa disebut dengan crumbing down, membersihkan remahan ini biasanya dilakukan saat tamu selesai makan menu utama / sebelum makanan penutup yang dimana tamu tidak perlu membersihkan mejanya yang penuh dengan remahan. Pelayanan ini juga salah satu pelayanan yang penting untuk menarik perhatian tamu tentang kualitas restoran.
6. Menutup tempat area dan ruang makanan restoran
Selain melayani makanan dan minunan, seorang pelayan harus melakukan penutupan tempat area direstoran dan ruang makan jika restoran segera ingin tutup.
Sebelum restoran dibuka, tentunya kondisi restoran harus dalam keadaan bersih. Jika tidak, tentunya dapat mengundang bakteri yang menyebabkan rusaknya sebuah kualitas restoran. Jika restoran memiliki pelayan berkualitas dengan tempat yang bersih, tentunya dapat membuka mata para pengunjung untuk selalu ingin terus datang ke restoran itu.