Jenis Jenis Noda Dan Cara Menghilangkannya

Ketika kita mengenakan pakaian sehari hari, besar kemungkinan pakaian kita akan terkena noda. Baik itu berupa keringat, parfum dan debu hingga noda makanan. Hal ini membuat pakaian menjadi berubah warna dan menjadi tidak sedap. Noda pakaian adalah kotoran yang menempel pada sebuah pakaian yang memiliki ikatan senyawa kimia yang lebih besar dibandingkan dengan ikatan fisik suatu linen. 


Jenis jenis noda




1. Noda Lemak
Noda lemak dapat dihilangkan dari baju dengan cara mencuci dengan air hangat yang dicampur sodium. Sementara itu, pada baju baju berbahan sutra, baik yang alami maupun yang sintetis, noda lemak bisa dihilangkan dengan bensin. Caranya dapat dilakukan dengan menggosokan sepotong kain yang sudah dibasahi bensin pada bagian yang terkena noda, lalu semprot daerah yang terkena noda tersebut dengan bedak, kemudian hilangkan bedak tersebut dengan sikat yang lembut, dan ulangi proses ini.


2. Noda teh dan kopi
Jika baju yang terkena noda teh dan kopi berasal dari kain katun dan kapas, cara membersihkannya dengan cara rendamlah pada larutan panas dari asam tartarik atau larutan panas dari boraks. Sedangkan baju berbahan sutra alami, wol maka rendamlah dilarutan boraks yang hangat.


3. Noda keringat
Noda keringat sering terjadi dimusim panas. Noda keringat dapat dihilangkan dengan larutan penghilang warna jika baju yang terkena noda ini tidak berwarna yang berbahan katun putih. Namun jika bahan yang berwarna maka dihilangkan dengan air oksigen yang dibubuhi amonia.


4. Noda darah
Noda darah dapat dihilangkan dengan merendam pakaian didalam larutan boraks yang panas. Atau lebih mudahnya, kita juga bisa menggunakan sabun mandi, cara basagi kain yang terkena noda darah lalu gosok dengan sabun mandi dan kucek sampai bersih lalu bilas, lakukan dengan berulang kali hingga noda hilang.


5. Noda minyak
Noda minyak cara menghilangkanya dengan menggosok gosok dengan bensin ke noda tersebut dan semprot bedak kedaerah noda.


6. Noda buah-buahan
Noda ini dapat dihilangkan dengan cara larutan boraks yang telah didihkan selama lima menit dengan campuran larutan penghilang warna.


7. Noda oksigen
Jika pakaian yang terkena noda berasal dari bahan katun, maka basahi kain yang terkena noda, lalu simpan dalam ember kecil, siram dengan air mendidih, kemudian tambahkan lapisan asam lemonik, tunggu air berkurang panasnya, lalu kucek dengan lembut. Biarkan rendaman beberapa detik, kemudian siram lagi dengan air mendidih dan letakan pakaian tersebut kedalam larutan panas berupa asam aklasik dengan takaran setengah sendok yang dicampurkan dengan segelas air.


8. Noda tinta dan susu pada baju anak
Untuk mengatasi noda susu, cukup dengan letakkan bagian yang terkena noda diatas sebongkah es batu untk membekukan noda tersebut sekaligus menghilangkannya.


9. Noda parfum
Parfum yang disemprotkan pada kain kadang meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya, rendam pakaian dalam air hangat selama setengah jam, Lalu cuci seperti biasa, lalu kucek kucek hingga bersih.


10. Noda oli 
Ambil secolek mentega lalu oleskan pada noda. Diamkan 15 - 30 menit lalu cuci pakaian seperti biasa.


11. Noda lumpur
Cara membersihkan noda lumpur cukup dengan membiarkan lumpur mengering, lalu cuci seperti biasa, jika masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang, lalu cuci lagi seperti biasa.


12. Noda lilin
Bila pakaian atau taplak meja anda terkena lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas tersebut diatas noda likin lalu setrika panas sampai lilin mencair dan menyerap kekertas tersebut. Mudah sekali


13. Noda lem
Jika lemnya tembus pandang, cara membersihkanya olesi aseton pada noda. Tapi jika lemnya bergetah, noda lem dilap terlebih dahulu dengan lap basah bersih, jika sudah mengering baru gunakan aseton.


14. Noda karat
Jeranglah air di panci hingga mendidih, kemudian pakaian terkena noda karat dekatkan dengan uap panas sambil diberi perasan air jeruk nipis. Kucek beberapa saat, setelah itu cuci seperti biasa. Selain itu, noda karat juga bisa dibersihkan dengan meneteskan bagian noda yang berkarat dengan cuka dan garam, lalu gosok sampai bersih dan cuci paka sabun, ulangi sampai noda hilang.


15. Noda getah
Olesi mentega pada noda lalu diamkan sebentar, setelah itu cuci pakaian dengan sabun, sambil dikucek area yang terkena noda  hingga bersih.


16. Noda cokelat
Cara menghilangkan noda ini cukup dengan campuran gliserin dan kuning telur, lalu oleskan larutan ini pada noda dan diamkan selama beberapa waktu, laku cuci dengan air hangat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel