Kode Status Kamar Hotel ( Room Status )

Selamat datang, artikel kali ini saya akan membahas seputar edukasi tentang ilmu perhotelan, saya akan memberikan beberapa informasi tentang materi kode status kamar hotel. 

Secara singkat, Hotel adalah bangunan mewah, bergerak dalam bidang jasa akomodasi yang di kelola secara komersial, menyediakan tempat penginapan, pelayanan makan, minum dan fasilitas lengkap lainnya untuk seseorang yang menginap di hotel tersebut. 

Ilmu pengetahuan tentang perhotelan bisa kamu temui di berbagai macam sumber website, buku, dan sekolah pariwisata.

Pada artikel kali ini, admin Kangervin.com akan membahas tentang kode kode kamar yang ada di hotel. 



Apa Itu Kode Status Kamar? 

Kode Status kamar biasanya sering di gunakan oleh para karyawan hotel di bagian housekeeping maupun Front Office, status kamar / Room Status adalah salah satu nama yang digunakan untuk menyebut kondisi suatu kamar yang ada di hotel, misalnya status kamar saat ini Occupaid, artinya kamar sudah di tempati oleh tamu.

Kode status kamar memiliki perbedaan di bagian housekeeping dan Front Office, perbedaan itu biasa di sebut dengan Room Discrepancy, hal itu sudah sering terjadi di kedua departemen tersebut.

Room Status juga dapat menunjukkan kondisi yang lain, seperti status kamar sedang kosong, kamar yang belum di bersihkan, dan status kamar dalam proses perbaikan.




Tujuan Status Kamar Hotel 

Kode status kamar pada sebuah hotel sangatlah penting, bertujuan agar Room Attendant lebih mudah mengetahui status kamar yang bersih dan kotor. 

Dengan adanya status kamar di hotel, departement housekeeping lebih mudah dalam bekerja. Selain itu, bagian hotel yang lain seperti reservasi juga dapat menjual kamar tersebut tanpa khawatir apakah kamar tersebut layak pakai atau tidak.


Kode Kode Status Kamar Di Hotel

  • Occupied (O) =: Kamar hotel yang sudah di tempatkan oleh tamu secara sah
  • Occupied Dirty (OD) = Kamar yang sudah di isi oleh tamu tapi belum dibersihkan.
  • Occupied Clean (OC) = Kamar yang sudah di isi oleh tamu namun sudah dibersihkan.
  • Occupied No Luggage (ONL) = Kamar yang sudah di isi oleh tamu, tetapi tamu yang menginap tidak membawa barang bawaan.
  • Vacant (V) = Status kamar kosong dengan kondisi kamar sudah bersih.
  • Vacant Dirty (VD) = Kamar kosong dengan kondisi kotor.
  • Vacant Clean (VC) = Kamar kosong dalam keadaan yang bersih, tetapi belum siap untuk di jual.
  • Vacant Ready (VR) = Status kamar sudah dalam keadaan bersih dan siap untuk di jual.
  • Vacant Clean Inspected (VCI) = Kamar kosong yang sudah dibersihkan dan diperiksa oleh supervisor.
  • Sleep Out (SO) = Tamu yang menginap di kamar hotel tidak tidur di kamar tersebut.
  • Double Lock (DL) = Kamar yang di kunci oleh tamu dari dalam.
  • Dont Distrub (DND) = Tamu tidak ingin di ganggu.
  • Check Out (CO)  = Kamar hotel yang sudah di tinggalkan oleh tamu.
  • Check In (CI)  = Kamar hotel yang baru saja di pakai oleh tamu.
  • Out Of Order (OO)  = Kamar yang belum siap untuk di jual karena kerusakan di dalam kamar dan harus melakukan perbaikan dengan proses lebih dari satu hari.
  • Expected Arrival (EA) = Daftar nama tamu dan status kamar nya yang diharapkan hadir hari ini. 
  • Expected Departure (ED)  = Kamar tamu yang diharapkan untuk check out di hari ini. 
  • Day Use (DU)  = Seorang tamu yang menginap di kamar melakukan check in dan check out di hari yang sama. 
  • Extra Bed (EB)  = Kamar tamu yang ingin ditambahkan bed nya.
  • Baby Cot (BC) = Kamar hotel yang sudah dilengkapi fasilitas tempat tidur untuk bayi. 
  • Verry Importan Person (VIP) = Kamar yang sudah di khususkan untuk tamu yang sangat penting.
  • Walk In Guest (WIG) = tamu yang menginap tanpa melakukan reservasi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel