Pengertian Housekeeping, Ruang Lingkup, Tugas dan Tanggung Jawab

Pengertian Housekeeping

Housekeeping adalah suatu departement yang ada di hotel, sebuah kata yang sangat tidak asing di dengar di dunia perhotelan. Housekeeping memiliki dua kata house yang artinya rumah dan keeping berarti memelihara, bisa disimpulkan sebagai tempat terpelihara yang artinya tempat yang bersih.


Pengertian Housekeeping, Tugas dan Ruang Lingkup
Sumber foto : Pixabay.com


Pada umumnya housekeeping adalah suatu departement yang memiliki sebuah tanggung jawab atas kebersihan kamar-kamar hotel, dan kebersihan seluruh fasilitas,tempat yang ada di hotel.

Housekeeping adalah bagian yang ada di hotel yang bertanggung jawab menjaga kebersihan, kerapihan kamar dan area-area yang ada di hotel yang bertujuan memberikan rasa nyaman kepada tamu yang ada di hotel.


Baca juga : Pengertian Hotel : Sejarah, Jenis dan Klasifikasi


Tugas dan tanggung jawab housekeeping

Tugas dan tanggung jawab housekeeping meliputi berbagai hal, diantaranya sebagai berikut.

• Membersihkan seluruh kamar yang ada di hotel.

• Menjaga kebersihan area yang ada di hotel.

• Membuat laporan status kamar dan diberitahukan kepada bagian front office

• Menjaga linen agar tidak rusak

• Membersihkan office yang ada di hotel

Segala sesuatu yang berkaitan dengan kebersihan yang ada dihotel merupakan tugas dan tanggung jawab housekeeping.


Ruang lingkup housekeeping

Sebagai departement yang bertugas menjaga kebersihan, melihara kamar, housekeeping tidak hanya berfokus pada kebersihan kamar-kamar hotel, tetapi juga menjaga kebersihan di area-area hotel, apa saja sih area hotel yang menjadi tugas dari housekeeping, diantara lain sebagai berikut.


• Taman

• Area parkir

• Meeting room

• Rest room

• Ruang Karyawan / Ruang loker

• Restoran

• Loby

• Kolam renang

• Gym

• Lift hotel

• Office departement

• Beauty salon

• Travel agent

• Ruang linen

Housekeeping tentunya memiliki banyak sekali tugas dan tanggung jawab, namun dengan banyaknya tugas seorang housekeeping biasanya juga memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit, dan jam bekerja yang secara Shift atau kerja bergilir antara pagi, siang/sore dan malam.


Shift Pagi

• Sebelum memulai tugasnya housekeeping melakukan briefing terlebih dahulu dan housekeeping juga menghubungi front office untuk mendapatkan informasi mengenai status kamar dan diserahkan kepada supervisor.

• Memerikasa barang yang hilang dan sudah rusak untuk di ganti dengan yang baru.

• Membagikan tugas cleaning supplies kepada karyawan di masing-masing lantai.



Shift Sore

• Menjaga area kebersihan hotel khususnya di tempat meeting room yang sedang ada kegiatan.

• Membersihkan area yang ada di restoran dan rest room.

• Menggantikan shift kerja pagi dan mengecek setiap area yang ada di hotel

• Membuat laporan jadwal untuk housekeeping evening shift dan mengisi buku jadwal kehadiran



Shift Malam

• Melanjutkan tugas dari shift kerja sore.

• Membersihkan area yang ada di hotel apabila area tersebut sudah selesai.

• Membersihkan office departerment housekeeping dan lainnya.

• Bertanggung jawab atas kebersihan hotel pada malam hari hingga pagi.


Semoga informasi ini memberikan wawasan anda mengenai dunia perhotelan dan apa saja bagian lain yang ada di hotel.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel